Selasa, 14 Mei 2013

KAMUS ISTILAH LINGKUNGAN HIDUP



 KAMUS ISTILAH LINGKUNGAN HIDUP


1.      Abatemen  Upaya mengurangi atau melenyapkan pencemaran dengan cara membuat peraturan atau tindakan teknis, atau kedua-duanya
2.      Abrasi  Proses atau peristiwa pengausan oleh gesekan atau gerakkan rombakan air sungai atau laut, air hujan, hujan es, atau angin.
3.      Absolute - Rest Precipitation Tank Tangki pengendapan diam mutlak atau tanki untuk pengolahan air limbah dengan cara kelompok ; pengolahan ini berbeda dari pengolahan sinambung ; setelah didiamkan dua atau tiga jam,air bagian atas dikeluarkan dari atas,sementara lumpur yang mengendap disingkirkan dari bawah.
4.      Adipura, adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.
~ Kencana Penghargaan yang diberikan pemerintah bagi koto-kota yang telah empat kali meraih Adipura.Setiap aspek manajemen dan peran serta masyarakat (termasuk PKK dan Kesehatan) harus mempunyai nilai 80% dari nilai maksimum setiap aspek tersebut,dan nilai fisik harus lebih besar atau sama dengan 80% dari nilai maksimum.
5.      Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
6.      Adsorpsi Pelekatan suatu bahan pada permukaan suatu padatan atau cair sering digunakan mengekstraksi polutan dengan jalan mengikat dengan bahan adsorben penolakan air,digunakan mengekstraksi minyak dari saluran air dalam tumpahan.
7.      Aerasi  Pengaliran udara ke dalam air untuk menigkatkan kandungan oksigen dengan memancarkan air atau melewatkan gelembung udara ke dalam air.
~Baur Proses pemasukan udara atau oksigen ke dalam limbah yang akan diolah dengan cara pembauran (difusi), yakni udara itu dibiarkan membaur (melarut) dalam cairan limbah lewat permukaan cairan yang dangkal. (diffused aeration)
~Permukaan Sistem pemberian udara pada permukaan cairan; dengan cara ini akan terjadi proses kelarutan udara pada cairan tersebut sehingga terjadi proses oksidasi zat yang ada di dalam cairan itu
8.      Aforestrasi Konversi lahan bukan hutan menjadi lahan hutan melalui kegiatan penanaman (biasa disebut penghijauan) dengan menggunakan jenis tanaman (species) asli (native) atau dari luar (introduce)
9.      Air  adalah semua air yang terdapat di atas dan di bawah permukaan tanah kecuali air laut dan air fosil.
~Baku Air dari bahan air yang diolah menjadi air minum yang pada pokoknya dilakukan dengan cara koagulasi pengendapan penyaringan dan penyucihamaan.
~Limbah 1. Air yang membawa sampah (limbah) dari rumah (tempat tinggal), bisnis, dan industri; suatu campuran air dan pendapatan terlarut atau tersuspensi. 2. air buangan dari hasil kegiatan proses yang dibuang keadaan lingkungan.
~Minum Air yang mutunya (kualitasnya) memenuhi syarat-syarat sebagai air minum seperti yang ditetapkan dalam peraturan menteri kesehatan republik indonesia.
~Permukaan 1. Semua air yang permukaannya terbuka terhadap atmosfer. 2. Semua perairan pada permukaan tanah; dalam oseanografi adalah air permukaan suatu laut yang merupakan lapisan campuran laut itu. (surface water)
10.  Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.
11.  Baku Mutu Lingkungan Hidup adalah ukuran batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi, atau komponen yang ada dan/atau unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsure lingkungan hidup,
12.  Biodegradable bahan tersebut dapat diurai dengan cepat dan diserap ekosistem
13.  Cemar Pen-an Polusi. Terganggunya keseimbangan ekosistem oleh suatu bahan yang biasanya akibat ulah manusia. Misalnya oleh limbah industri/rumahtangga, asap knalpot, dan pestisida-herbisida. Ada pencemaran udara, air dan tanah.
contohnya adalah mix and match baju lama. Kalau pun sudah nggak mau digunakan lagi, jangan dibuang tapi jual atau berikan pada yang membutuhkan. Bikin garage sale atau charity bisa jadi solusinya.
14.  Dampak Lingkungan Hidup adalah pengaruh perubahan pada lingkungan hidup yang diakibatkan oleh suatu usaha dan/atau kegiatan
15.  Daya Dukung Lingkungan Hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendu-kung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
16.  Daya Tampung Lingkungan Hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi, dan atau komponen lain yang masuk atau dimasukkan ke dalamnya.
17.  Detritus Hancuran sampah atau bagian tubuh tumbuhan dan hewan yang sudah mati, campur dengan bakteri saprofit yang membusukkannya. Ini jadi makanan penting bagi hewan yang merayap dan menggali di dasar air, seperti protozoa, cacing, udang, kepiting, bintang laut dan bulu babi.
18.  Efek rumah kaca peningkatan suhu bumi karena gas atmosfer menangkap energi dari matahari. Aktivitas manusia turut berperan dalam menambah panas bumi
19.  Ekosistem adalah tatanan unsure lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuk menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.
20.  Ewaste sampah elektronik yang menumpuk ketika kita mengganti televisi, komputer, atau ponsel kita dengan yang baru.
21.  Habitat Lingkungan suatu organisme bertempat hidup, habitat dpt merujuk pd organisme & lingkungan fisik di tempat khusus/merujuk pd ruang dimana berdiam suatu organisme, populasi/spesies.
22.  Keanekaragaman Hayati (biodeversity) Variabilitas dari sediaan material genetik yg ditemukan di dlm flora & fauna di tiap lokasi, dikenal dengan istilah keanekaragaman biologi.
23.  IPAL (Instalansi Pengelolaan Air Limbah ) suatu perangkat peralatan teknik beserta perlengkapannya yang memproses / mengolah cairan sisa proses produksi pabrik, sehingga cairan tersebut layak dibuang ke lingkungana
24.  lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.
lingkungan. Termasuk mengurangi penggunaan plastik, mempersingkat waktu mandi, mematikan listrik yang tidak terpakai.
25.  Lubang resapan biopori adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.
26.  Ozon lapisan di statosfer yang melindungi Bumi dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker.
27.  Pelestarian Daya Dukung Lingkungan Hidup adalah rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan/atau dampak negatif yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan agar tetap mampu mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lain.
28.  Pelestarian Daya Tampung Lingkungan Hidup adalah rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi, dan/atau komponen lain yang dibuang ke dalamnya.
29.  Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup adalah rangkaian untuk memelihara kelang-sungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup
30.  Pelestarian Pemanfaatan & pengelolaan secara bijaksana serta sumberdaya alam bagi kemaslahatan masyarakat/pengelolaan pemanfaatan biosfer oleh manusia sehingga memberi hasil lestari pd generasi kini.
31.  Pembangunan Berkelanjutan yang Berwa-wasan Lingkungan Hidup adalah upaya sadar dan terencana, yang memadukan lingkungan hidup, termasuk sumber daya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.
32.  Pencemaran Lingkungan Hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan ling-kungan hidup tidak bisa berfungsi lkagi dalam menunjang pembangunan berkelanjutan,
33.  Pengawahutanan[1] atau penghilangan hutan atau penggundulan hutan atau deforestasi adalah kegiatan penebangan hutan atau tegakan pohon (stand of trees) sehingga lahannya dapat dialihgunakan untuk penggunaan nir-hutan (non-forest use)[2], yakni pertanian, peternakan atau kawasan perkotaan.
34.  Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup
35.  penghijauan penanaman pada lahan kosong diluar kawasan hutan, terutama pada tanah milik rakyat dan dengan tanaman-tanaman keras seperti jenis-jenis pohon hutan, pohon buah, tanaman perkebunan, tanaman penguat teras, tanaman pupuk hijau, dan rumput pekan ternak.
36.  pengomposan adalah proses dimana bahan organik mengalami penguraian secara biologis, khususnya oleh mikroba-mikroba yang memanfaatkan bahan organik sebagai sumber energi.
37.  Reboisasi penanaman hutan kembali dilahan hutan yang telah kosong atau gundul.
38.  Recycle: pilihlah barang yang mempunyai lambang dapat didaur ulang. Langkah lainnya adalah, pisahkan sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak bisa didaur ulang.
39.  Reduce: mengurangi penggunaan brang-barang yang sekiranya kurang ramah  
40.  Reuse: memakai lagi barang-barang yang masih layak dan bisa digunakan.
41.  Sampah material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.
~Sampah organik: sampah yang dapat terurai dengan sendirinya secara alamiah atau biologis. Biasanya sih, sampah organik adalah sisa-sisa makanan, daun, dan tepung. Nah, karena sampah ini bisa terurai sendiri dan nggak berujung mengotori bumi, sampah ini tergolong ramah sama bumi.
~Sampah anorganik : sampah yang juga beken dengan nama sampah non-organik ini butuh waktu lama buat terurai atau bahkan nggak bisa terurai. Tapi, sampah jenis ini bisa didaur ulang kembali. Sayangnya, itu butuh waktu dan proses industri yang kadang nggak murah. Contoh sampah non-organik adalah  plastik, karton, kaleng dan kaca.
~Sampah B3 : sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) mengandung zat yang berbahaya buat manusia dan lingkungan. Misalnya membunuh ikan-ikan di laut atau pun merusak tanah. Makanya, sampah atau lebih tepatnya limbah ini nggak bisa dibuang sembarangan begitu saja. Soalnya perlu penanganan khusus, sih. Contoh dari limbah B3 ini adalah oli, baterai, paku, obat serangga, dan tinta.
42.  Sanitasi  usaha untuk membina dan menciptakan suatu keadaan yg baik di bidang kesehatan, terutama kesehatan masyarakat;
43.  Sumber Daya adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya alam, baik hayati maupun non hayati, dan sumber daya buatan.

0 komentar: